tour de menoreh

>> Friday, April 03, 2009

Kurasa judul ini cukup pantas. Paling tidak waktu itu aku touring dari Kokap (selatan) sampai Samigaluh (utara).

Perjalanan cukup menyenangkan (secara aku cuma mbonceng ^^V). Jadi aku tidak secara langsung merasakan beratnya ngontrol motor di medan seperti itu.

Dimulai dari rumahku di Lendah, kita berangkat ke arah Kokap melalui Wates. Scene pertama tentu saja Waduk Sermo. Satu-satunya waduk alias danau buatan di Prov DI Yogyakarta tapi toh tetap saja sepi pengunjung (ada apa ini??) Pemandangan alam yang luar biasa. Bahkan sudah disediakan juga family ground (tepat ga sih istilahnya ^^V). Itu sudah sangat memadai bagi keluarga yang liburan di situ trus gelar2 tiker di bawah rimbunnya pepohonan memandang ke arah waduk yang airnya jernih dengan latar belakang Pegunungan Menoreh. Tak lupa "the breeze"... Bisa tidur deh pokoknya. Sejuk banget.....



waduk sermo (Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY)


Dari Waduk Sermo perjalanan dilanjutkan lagi ke utara, melewati Hargotirto menuju Jatimulyo. Target kita selanjutnya adalah Tamanan.


Wuih...tracknya keren abis (curamnya!!). Soalnya pergantian kontur yang cukup extrem (buat dilewati kendaraan) dari Hargotirto, Kokap ke Jatimulyo, Girimulyo. Jalannya sempat mengecil (muat satu mobil aja) so mendingan kalo lewat jalur ini pake sepeda motor aja. Tapi begitu mulai masuk Jatimulyo, jalannya melebar lagi. Pemandangannya..... Luar biasa...!!! Kulon Progo di sebelah timur, Purworejo di sebelah barat. Juga garis pantai Samudra Hindia yang terlihat samar-samar (soalnya agak kabut) di selatan.



Jatimulyo, Girimulyo



Memasuki Jatimulyo, kontur kembali bersahabat. Dah ga nge-track amat. Sampai deh kita di Tamanan (di sini terdapat gardu pandang). Dari tempat ini Waduk Sermo terlihat jelas. Udara pun sejuk karena tempat ini kedudukannya dah cukup tinggi terhadap permukaan laut (ga tau jelas berapa ketinggiannya ^^V)


Tapi saranku kalo mau suasana yang lebih natural, jangan nge-tem di gardu pandang. Tapi di sebuah gumuk (kata orang jawa) di sisi kanan jalan (kan kita dari arah selatan). Letaknya kira-kira 0,5 - 1 km selatan gardu pandang. Ciri khas tempat itu, tempatnya cukup lapang, dengan 1-2 pohon di tepi jurangnya. Swear...duduk2 di situ terasa lebih dekat dengan alam daripada duduk di gardu pandangnya.




Hmmm.... tempat itu luar biasa indahnya. Ga nyangka lho Kulon Progo (kabupaten di bagian barat Prov DI Yogyakarta itu) punya pemandangan alam yang seelok itu. Puaassss deh berada di situ. Ga kerasa capek sama sekali. Berada di ketinggian punya sensasi yang luar biasa. Inilah kenapa aku suka gunung. (Walopun hobbyku ini ga tersalurkan lantaran fisik yang payah dan izin ortu yang "birokratis" banget alias GA DIIZININ!!!).


Puas di Tamanan (nge-tem juga sih di gardu pandangnya) kita lanjut lagi ke utara. Samigaluh. Eitt...tapi muter-muter dulu lah, lewat Kaligesing, Purworejo. Lagi2 pemandangan indah di sisi jalan yang dilalui. Hutan pinus di sana bener2 menawan. Sayang ga sempat foto2 soalnya ngejar waktu sampe Suroloyo (waktu tu dah hampir jam2)


Pemandangan indah menemani sampai Samigaluh. Sempat bimbang mau naik ke Puncak Suroloyo atau ga soalnya waktu tu dah hampir jam3. tapi ngapain juga ga naik, toh dah nyampe tempatnya. Maju 8 kilo lagi Suroloyo deh. Ya dah, setelah nyate di dkt pasar Gerbosari, kita nge-track lagi ke atas. (ternyata rumahnya Mas Edy daerah situ toh.. Wah lumayan juga ya (lumayan tinggi...:D) ^^V)



Yak! inilah Suroloyo (kayak gini toh). Jalan berundak ke puncaknya (lupa ngitung berapa anak tangga) dengan kebun teh di kiri kanan. Sampe puncak, kelihatan deh candi buddha terbesar di dunia - Candi Borobudur. Yup! icon kebanggaan Indonesia. (Qo ga masuk list seven wonders lagi sih... Y_Y)

Candi Borobudur dilihat dari Puncak Suroloyo, Samigaluh, Kulon Progo

Wah wah... benar2 aset pariwisata yang menawan. Kulon Progo punya keunggulan dibanding kabupaten2 lain di DIY. Benar2 lengkap, mulai dari pantai, danau buatan, sampai pemandangan dataran tinggi yang menawan. Semoga Pemda bisa mengoptimalkan potensi ini. Nilai plus Kulon Progo lho.

At last, semoga bisa jadi bantuan panduan buat teman-teman luar daerah yang pengen ngerasain sensasi lain dalam berwisata (baca : touring).

find more about tourism objects in Kulon Progo Regency

1 comments:

Anonymous May 15, 2009 at 1:15 AM  

jalan..jalan..

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP