sekilas Taman Bunga Nusantara

>> Wednesday, April 22, 2009

Salah satu tempat yang sempat kukunjungi saat diklat di cisarua kemaren adalah Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Cianjur. Tempat yang indah dan memanjakan mata, worthy deh bayar 20rb buat tiket masuknya :)

Foto ini mendeskripsikan salah satu sudut taman yang dikasih tema Taman Perancis, katanya sih desainnya diadaptasi dari taman istana marseilles di Prancis sono.

Berada di TBN serasa menikmati taman seluruh dunia (apa dipaksa serasa keliling dunia sama pengelolanya ya?). Ada taman perancis, taman amerika, taman mediteran, taman bali, taman jepang, dll.

Mulai pintu masuk sudah ada kedai dan toko makanan kecil yang menjamin pengunjung untuk ga kuatir kelaperan selama jalan2 di dalam.

Hmm...mata langsung dimanjakan dengan lapangnya hamparan bunga, ada topikal merak yang menyambut. Jalan lurus dan kita langsung bisa melihat karpet bunga yang didesain secara apik dan menawan.

Berbelok ke kiri kita akan segera menuju taman mawar di sisi kiri jalan serta taman perancis di sisi kanannya.

Koleksi mawarnya lengkap banget. beragam warna dan bentuk. klo taman perancis sih cuma mengedepankan desainnya bukan jenis floranya.

Jalan terus lagi untuk menikmati permainan air mancur yang indah (ada musiknya juga lh0). perpaduan yang menarik antara musik dan air.

ke sebelah kiri terdapat taman amerika. koleksinya berupa bermacam2 bunga matahari, kembang kertas, dan jenis2 bunga perdu. cantik2 dan beraneka warna.

Keluar dari taman amerika berbelok ke kanan kita disambut taman bali. hmm...suasana langsung berubah drastis. maklumlah namanya juga taman bali yang representasi indonesia. suasananya hutan tropis. rimbun, rindang, lembab, dan adem.... :D

Dari taman bali langsung lihat taman mediterania. Isinya sebagian berupa sekumpulan kaktus dan beragam jenis sanseviera.

Oya, kalo mau lihat suasana seantero taman disediakan juga gardu pandang lho. cukup bayar seribu rupiah bisa naik lift ke atas (catatan: klo liftnya ga macet, klo macet ya naik tangga aja kayak aku waktu itu :p)

Setelah puas memandang lepas ke seluruh penjuru taman, lanjut lagi ke taman jepang. dari sekian banyak taman yang ditawarkan taman jepang ini yang paling berkesan buatku. benar2 harmonis, seimbang, jauh dari yang namanya kesemrawutan dan densitas. berada di taman ini serasa dikelilingi chi positif. benar2 tenang dan damai. ada kolam, sungai kecil dengan sedikit riam, gazebo, pepohonan dan sentuhan sedikit bunga. benar2 seimbang dan tidak berlebihan. (maaf fotonya sengaja ga ku-upload, soalnya begitu dilihat hasilnya, ga ada yang benar2 pas merepresentasi keadaan aslinya). sayang, karena dah lumayan sore ga bisa berlama2 berada di sana (TBN tutup jam5).
Keluar dari taman jepang, persinggahan terakhir adalah rumah kaca. isinya lumayan lengkap, mulai mawar, petunia, daisy, kenikir aneka jenis, cabe2an. beragam deh pokoknya.
Gimana? yang belum pernah ke sana, pasti curious sama Taman Bunga Nusantara. Dijamin menyenangkan! ;)

0 comments:

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP