coral bleaching

>> Monday, July 27, 2009

semakin menggila saja dampak pemanasan global. yang jelas kita rasakan pastinya suhu yang makin panas, kacaunya musim (ga berlaku lagi tuh pelajaran jaman SD dulu yang bilang kalau musim penghujan itu mulai bulan oktober - maret dan musim kemarau mulai april - september. iya kan? dulu gitu kan?), naiknya permukaan air laut, dan yang satu ini juga : coral bleaching.

coral bleaching adalah pemutihan pada terumbu karang yang di antaranya disebabkan oleh perubahan suhu (naiknya suhu air laut), terlalu tingginya paparan sinar UV dari matahari yang mengenai terumbu karang, kekurangan zooplankton, infeksi patogen, dll.


warna pada terumbu karang berasal dari sejenis algae yang disebut zooxanthellae. jika terumbu karang mengalami stess, zooxanthellae ini akan lepas dari permukaannya sehingga karang menjadi putih. jika penyebab pemutihan ini tidak berlangsung lama, terumbu karang dapat pulih karena bisa bersimbiosis kembali dengan zooxanthellae dalam beberapa minggu atau bulan. akan tetapi jika kondisi yang menyebabkan stress berlangsung lama, terumbu karang akan mati.
jika terumbu karang mati, itu berarti ikan kehilangan habitat dan ekosistem tempat rantai makanan terjadi, dan itu berarti... kita semua tahu sendiri bukan.

untungnya, masih ada (banyak) orang-orang yang peduli pada kelestarian terumbu karang. salah satunya adalah Reef Check Foundation yang dibentuk di California pada 1996. reef check merupakan metode pemantauan terumbu karang yang diakui PBB sebagai program pemantauan berbasis masyarakat dan saat ini telah tersebar di berbagai wilayah di dunia. salah satunya adalah di Indonesia melalui Yayasan Reefcheck Indonesia yang dibentuk di Denpasar, Bali pada tahun 2005. yayasan ini aktif meneliti dan melakukan konservasi terumbu karang serta melibatkan masyarakat nelayan dalam prosesnya.

saat ini Yayasan Reefcheck Indonesia diketuai oleh Naneng Setiasih, salah satu dari sedikit tenaga ahli di Asia Pasific yang serius mempelajari dampak perubahan iklim global pada terumbu karang serta langkah-langkah adaptasinya.

semoga makin banyak orang yang peduli dan terlibat di dalamnya. walaupun tidak terjun secara langsung dalam konservasi terumbu karang, kita bisa berpartisipasi lewat hal-hal kecil di sekitar kita. karena hal kecil yang dilakukan oleh banyak orang adalah hal yang besar dan berarti bagi kelangsungan bumi kita ini :)

seperti yang dikatakan Naneng, "kita tidak dapat mencegah pemanasan global. pemanasan global sudah terjadi. tapi kita masih bisa memilih, akan seberapa panas bumi ini."

start action now!

*gambar di sini

9 comments:

Anonymous July 27, 2009 at 4:38 PM  

Terumbu karang aja bisa stress ya, sampe berubah jadi putih gitu..
hilang lah keindahannya
semoga saja makin banyak orang yang peduli dengan lingkungannya

rimarahayu July 27, 2009 at 6:44 PM  

kemaren waktu gw snorkeling
sedih banget ngeliat karang-karang di kepulauan seribu mulai ancur
kondisinya sama kaya yang dijelasin diposting

hmm, jadi kepikiran buat bikin gerakan namem karang ni
hehe

triYuniS July 28, 2009 at 8:39 AM  

wah bagus tu kalo bisa berpartisipasi langsung dalam konservasi karang. masing2 orang harus ambil peran sesuai kemampuan masing2 :)
klo saya sih, jangankan snorkling ato diving buat ikutan nanem karang, renang aja ga bisa hueheheee :D

Unknown July 29, 2009 at 4:56 PM  

wah... sayang banget, jangan sampai karang terus2an hancur. Karena sampai sekarang gw belum menikmati indahnya kekayaan bawah laut huhuhu...

mpokb July 29, 2009 at 6:10 PM  

kemarin baru aja nonton dokumenter soal kerusakan terumbu karang akibat penangkapan ikan dengan bom atau racun. dengan adanya ajakan bagi warga pantai untuk membudidayakan ikan hias, penangkapan dengan perusakan itu diharapkan lambat laun berhenti :)

zee July 30, 2009 at 2:09 PM  

terumbu karang stress?
kasian..
makin banyak kayaknya ni hasil2 alam kita yg terbengkalai tak terurus.

triYuniS July 31, 2009 at 8:30 AM  

semoga terumbu karang mampu bertahan hingga ratusan tahun lagi......

pamumpuni August 19, 2009 at 1:48 AM  

global warming itu ada semacam siklus.. coba cari siklus kadar co2 di bumi dalam 1juta tahun terakhir.. naek turun juga.. jd apa bener manusia yg bikin co2 tambah banyak ato ada yg laen???

triYuniS August 19, 2009 at 8:30 AM  

apa iya kayak gitu mas? jadi globwarm itu siklus. tapi aku tetep beranggapan bahwa manusia punya peran besar dalam kerusakan lingkungan.

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP