yang paling kusuka tentang bangka

>> Monday, August 31, 2009

bangka punya banyak pesona. pemandangan alamnya, tempat-tempat bersejarah, sampai makanannya. yang terakhir ni yang menurutku paling oke, nyammm..^__^

kalo pemandangan alam sih bangka punya pantai yang indah dan landai, pasir putih, sebagian memiliki jajaran batu-batu karang. tempat bersejarah berupa bangunan-bangunan yang dulu menjadi tempat tinggal para proklamator negeri ini selama diasingkan di sana, bung karno dan bung hatta.

bicara masalah kuliner, bangka termasuk gudangnya. mulai dari yang kriuk-kriuk (seperti kemplang, kerupuk, dan keletek), jajan pasar, sampe yang berat-berat. setiap saat selalu ada penjaja makanan yang keliling kampung. mulai dari habis adzan subuh, sampe menjelang maghrib. kalo mau jajan habis maghrib sih, kita sendiri yang harus nyamperin pedagangnya, semua pada mangkal, ga ada yang keliling lagi.

kalo habis subuh tu ya, biasanya ada ibu-ibu yang jualan menu sarapan. mulai pantiaw beras, pantiaw gandum (hampir mirip mie ayam, cuma ini pake bumbu ikan, bukan ayam), sampe kue dan roti. kue basah dan roti ini bener-bener fresh alias baru selesai dibikin. biasanya roti dibuat dengan cara digoreng bukan dipanggang.

siang hari, biasanya yang jualan keliling adalah pedagang kelesan (empek-empek) atau lakso. trus sore harinya otak-otak atau sate panggang. pokoknya ga sempat laper deh selama kantong masih ada isi :D

nah, berikut ini kuliner bangka yang jadi favoritku :)
  1. pantiaw beras, makanan ini seperti kwetiaw dengan bumbu yang terbuat dari daging ikan rebus yang dihaluskan kemudian ditumis dengan irisan bawang merah, serta bumbu halus seperti bawang putih, lada, garam, dan jahe. tak lupa sentuhan kecap manis. nyamm.. buatku ini adalah makanan paling enak di dunia :D
  2. sate panggang, jangan berpikir bahwa ini berwujud sate seperti sate kambing atau sate ayam lho. sate panggang versi bangka ini adalah otak-otak yang komposisi daging ikannya lebih sedikit. biasanya yang membuat dan menjualnya adalah warga melayu pribumi, sedangkan otak-otak biasanya dibuat oleh warga etnis tionghoa. aku jauh lebih suka sate panggang daripada otak-otak, karena menurutku otak-otak terasa eneg, makan sebiji aja dah males ngelanjutin lagi. sedangkan sate panggang, wah bisa habis puluhan tu hehehehee.. apalagi cocolannya saus tauco dan terasi pedas.
  3. es kacang merah, hmmm seger dan manis... mak nyesss pokoknya :D ga seperti es kacang merah di tempat lain, yang dicampur dengan dawet, kolang-kaling, atau nangka, sirup beraroma, dan susu kental manis. es kacang merah di bangka racikannya sederhana, hanya dengan sirup gula dan santan, tapi justru itu yang bikin citarasanya orisinil dan mantap.
  4. lakso, seperti mie kuah. tapi komposisi utama mie-nya adalah tepung beras. so, lembut banget. kuahnya dari santan tapi bumbunya apa aja ga ngerti :D
  5. kemplang panggang, kalo ini semua pasti tau kan. bentuknya sama saja dengan kemplang palembang atau lampung. tapi sejauh ini, aku tetap merasa bahwa kemplang bangka (buatan warga pecinan belinyu) adalah yang paling enak.
  6. keletek, ini juga makanan kecil golongan kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri. kalo udah mengudap snack yang satu ini, apalagi ditemenin kopi bangka.. hmm..citarasanya luar biasa ^__^
  7. kelesan, kalo ini seperti empek-empek palembang. cuman, kalo empek-empek kan disiram kuah, nha kalo kelesan tu dicocol. cocolannya sih biasanya adalah saus yang terbuat dari tauco, belacan alias terasi, atau kecap.
sebenarnya masih banyak lagi kuliner bangka yang lainnya, so pasti enak-enak dan tinggal pilih sesuai selera. tapi ya seperti aku bilang tadi, favoritku ya yang tersebut di atas itu. ada rencana main ke bangka? jangan ragu cobain semuanya :)

2 comments:

anuarrauna September 2, 2009 at 12:40 PM  

Duhhh....tambah laper deh jadinya.... Uploadnya jangan pas puasa gini donkkk.. Hahaha. Tapi jujur kayaknya banyak makanan aneh2 tuhh yg merangsang selera.

triYuniS September 3, 2009 at 8:02 AM  

iya, apalagi bacanya pas jam 12 siang. hehee.. makin terasa puasanya.

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP