Kisah di Lereng Lawu

>> Wednesday, May 12, 2010

Ceritanya hari Senin kemarin aku sama beberapa temen kantor mau pergi melayat ke rumah mertua rekan sekantor. Rumahnya di Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di Kecamatan Jatiyoso. Maka berangkatlah kami menggunakan dua mobil dari Wates (kota kecil berjarak 30 km arah barat daya kota Yogyakarta) pada sekitar pukul 10.45 WIB.

Perjalanan cukup lancar, melalui kota Yogyakarta, Klaten, Kartasura, Surakarta, Sukoharjo, dan Karanganyar. Cukup jauh memang, kami memasuki kota Karanganyar sekitar pukul 14.30. Lalu keluar dari kota Karanganyar ke arah tenggara, kami menuju lokasi rumah mertua teman kami itu. Masya Allah, sama sekali nggak ada yang nyangka kalau dari kota Karanganyar itu masih maju jauuuuuh banget, plus nggak ada yang nyangka juga kalau kondisi jalannya seperti itu! Ternyata lokasinya berada di lereng Gunung Lawu. Oh God! Jadilah kami bermobil di tengah kabut tebal, karena waktu itu sudah sekitar pukul 16.00, mendung menggelayut dan tak lama kemudian.... bressssss!!!! Hujan lebat tercurah dari langit. Jalan yang kami lalui itu hanya selebar satu mobil saja (nggak kebayang kalau ada mobil dari arah berlawanan -_-' ) sedangkan di kiri dan kanan jalan adalah jurang yang dalam (mulai bisa membayangkan....???) Beuh....cuman bisa dzikir wirid sepanjang jalan. Kabut, hujan lebat, dan jalanan sempit dipagari jurang!

Saat mobil berjuang melawan arus air yang memang cukup deras mengalir di jalan sempit beraspal itu, tiba-tiba mobil rombongan teman kami yang di depan...greg! Macet! Gosh! Itu tepat di tengah-tengah tanjakan yang curam! Nggak ada pilihan lain, bapak-bapak musti turun di tengah hujan lebat buat cari batu-batu besar untuk ngeganjel ban mobil biar nggak mlorot. Mobil dikosongkan, dan semua penumpang (termasuk aku dan kedua temenku yang perempuan) turun di tengah hujan lebat dan ngungsi di gubuk di pinggir jalan. Nah, begini nih kondisi mobil kami yang "terjebak" di tanjakan :D Perhatikan aja tuh arus airnya. (kenapa di foto jalannya tidak terlihat curam yak..? *bingung. wah, salah pengambilan sudut gambarnya nih :D)



Sekitar satu jam kemudian hujan mulai reda dan kami pun keluar dari tempat "persembunyian" kami di gubuk tepi jalan itu berjalan ke bawah ke arah rumah penduduk. Perjalanan naik tidak dilanjutkan lagi karena memang sudah mulai gelap dan kami takut kemalaman tiba di Jogja serta kondisi jalan yang memang mengkhawatirkan (ada longsoran di atas), padahal rumah mertua teman kami itu tinggal berjarak 3 km saja! Mobil pun atret ke bawah biar bisa putar balik di halaman rumah penduduk itu. Kami berteduh di sana, sholat, dan dijamu teh hangat yang memang sangat kami butuhkan saat pakaian basah kuyup dan udara dingin sekali (banyak syukur kepada Allah swt dan si empunya rumah :). Nih juga ada shot pemandangan senja hari selepas hujan di depan rumah penduduk tempat kami numpang neduh. (No wonder banyak longsor kan?!)



Akhirnya sekitar pukul 18.15 kami turun pulang. Dan sampai di rumah dengan selamat jam 23.00. Thank You Allah....bisa pulang lagi ke rumah. Pyuhh....

9 comments:

Anonymous May 12, 2010 at 1:06 PM  

sebuah petualangan mendebarkan ya :D
pasti indah pemandangannya..

triyunis May 12, 2010 at 4:04 PM  

Hehe... Begitulah..
Kalau pemandangannya emang bagus banget, lembah dan punggungan gunung berselimut kabut.. :)

dedi May 13, 2010 at 10:39 AM  

wao..
enak ni jalan2 :)

unique font May 16, 2010 at 6:45 AM  

mantabz gan! salute....

jack May 17, 2010 at 10:28 PM  

wah sayang, padahal dah tinggal 3 km ya. tapi kalau takut memang lebih baik mundur, kayak mottonya tentara

zee May 23, 2010 at 1:07 PM  

Mendebarkan, soalnya sekarang kan kejadian alam ini tidak bisa diduga... :)

Anonymous August 16, 2010 at 11:25 PM  

masi suka pgunungn y Ning..:)

Dasril Iteza November 29, 2010 at 10:29 AM  

keren..... blogger adventure

Unknown January 19, 2011 at 6:06 PM  

bagus . .
:)

http://bryanbrat-puitisme.blogspot.com/

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP